News Update :

Senin, 20 Oktober 2014

                                         ETIKA BISNIS




  1. Judul               : Analisis Ukuran Perusahaan, Penerapan Etika Bisnis dan Praktik “Corporate Governance” terhadap Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) 

Nama Peneliti  : Prasetyono
        
            Analisis              : Dalam menjalankan sebuah perusahaan yang akan berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan lingkungannya yaitu dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi. Oleh karena itu setiap perusahaan  harus memiliki etika bisnis. Etika bisnis yang diterapkan oleh perusahaan tersebut adalah  a) corporate governance b) tanggung jawab social perusahaan c) akuntabilitas lingkungan. Hal ini berarti perusahaan yang menerapkan atau mempunyai etika bisnis mempunyai komitmen yang besar dalam aktivitas tanggung jawab social perusahaan  terhadap masyarakat dan lingkungan.

    II.            Judul               : Corporate Social Responsibility: Dari Etika Bisnis Menuju Implementasi Good Corporate Governance


Nama Peneliti  : Kharis Raharjo

Analisis           : Dalam menuju implementasi good corporate governance dimulai dari pergeseran pandangan tradisional kearah kesehjateraan sosial dan mendorong lahirnya akuntasi ekonomi yang bersifat sub disipilin untuk memfokuskan perhatian dampak social serta mengakomodasi kebutuhan perusahaan dalam melakukan pertanggung jawaban social terhadap masyarakat. Untuk memenuhi hal-hal tersebut dibutuhkanlah etika-etika bisnis seperti yang dianjurkan oleh Dalimunthe (2004) yaitu
·         Pengendalian diri
·         Pengembangan tanggung jawab social
·         Mempertahankan jati diri
·         Menciptakan persaingan yang sehat
·         Menerapkan konsep “ pembangunan berkelanjutan”
·         Menghindari sifat 5 K (Katabelece, kongkalikong, koneksi, kolusi, komisi)
Bila etika-etika itu berjalan dengan baik maka untuk menuju good corporate governance bisa dicapai dengan mudah.

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Skaters 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah| Custom And Edit by Yoga Adisuryo | | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.