News Update :

Ilustrasi Medan Magnet

Senin, 07 Juli 2014

Saya menemukan ilustrasi medan magnet yang bagus 9gag:
Ilustrasi medan magnet dari 9gag.com
Menurut saya pribadi, yang membuat ilustrasi ini berhasil memvisualisasikan apa itu medan magnet. Pertama, dengan menggunakan kompas yang panahnya menunjuk ke arah tertentu, kita jadi mengetahui bahwa medan magnet itu mempunyai arah. Atau dengan kata lain, medan magnet itu besaran vektor yang arahnya dari kutub utara magnet (warna merah) ke kutub selatan.
Kedua, dulu waku SMP/SMA kita pernah belajar tentang garis-garis gaya magnet yang ilustrasinya seperti ini:
Garis gaya magnet (from Wikipedia)
Nah, apa sih sebenarnya maksud dari garis-garis tersebut? Sederhananya, kalau kita punya kompas kecil dan kompas tersebut diletakkan di tempat yang dilalui oleh garis tersebut, maka arah dari panah kompas akan berubah sehingga mengikuti arah panah dari garis tersebut. Inilah akibat dari adanya medan magnet yang berhasil ditunjukkan dalam ilustrasi tersebut. Seberapa kuat si kompas mengarah ke arah panah dari garis tersebut? Ini ditentukan oleh kuatnya medan magnet, yang sayangnya tidak ditunjukkan di gambar. Ada yang punya ide bagaimana menunjukkan arah sekaligus magnitude (kekuatan) medan magnet?


 http://anantoep.wordpress.com/page/3/
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Skaters 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah| Custom And Edit by Yoga Adisuryo | | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.